Menghemat Pengeluaran di Bulan Ramadhan, Ini Tipsnya

Bulan Ramadhan sudah di depan mata. Sudah menjadi rahasia umum jika pengeluaran di bulan ini justru biasanya semakin besar. Hal ini diakibatkan oleh meningkatnya harga-harga kebutuhan pokok selama bulan puasa. Belum lagi jika Anda memiliki acara buka puasa di luar bersama teman maupun kerabat Anda.

Bagaimana cara menyiasati agar pengeluaran tidak membengkak ketika bulan ramadhan tiba? Apa cukup hanya dengan mencari promo ramadhan saja? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir terjadinya keborosan selama bulan ramadhan.

  1. Belanja Sekaligus untuk Keperluan Sebulan

Harga kebutuhan pokok selama bulan ramadhan umumnya akan selalu naik, terutama hari-hari menjelang Idul Fitri. Kenaikan harga ini tentu akan memberikan pengaruh yang cukup besar pada pengeluaran Anda.

Untuk berhemat, Anda bisa langsung berbelanja kebutuhan pokok untuk Ramadhan selama sebulan ke depan. Apabila ingin lebih hemat lagi, usahakan untuk berbelanja sejak jauh-jauh hari untuk menghindari kenaikan harga.

  1. Menahan Hawa Nafsu

Setelah seharian menahan hawa nafsu, biasanya ketika waktu berbuka datang meja makan penuh dengan makanan. Tak jarang pada akhirnya makanan tersebut bersisa kemudian dibuang. Jangan sampai ini terjadi pada Anda.

  1. Perhatikan Keinginan, Kebutuhan dan Kemampuan

Memiliki keinginan adalah suatu hal yang wajar bagi manusia. Namun hal tersebut menjadi tidak wajar apabila keinginan tersebut menyebabkan pengeluaran Anda membengkak, apalagi sampai berhutang.

Apakah barang tersebut memang Anda butuhkan, atau sekedar tertarik beli hanya karena lapar mata belaka? Apakah Anda mampu memenuhi kebutuhan tersebut, atau Anda harus memilih merek lain yang lebih murah namun kualitasnya setara? Ini merupakan hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli sesuatu.

  1. Kurangi Acara Berbuka di Luar

Bulan yang penuh berkah ini biasanya dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi dalam bentuk kegiatan buka bersama. Mulai dari teman TK, SD, SMP, SMA hingga kuliah dan kerja berlomba mengadakan acara buka bersama di luar.

Jika Anda tidak berhati-hati dan menyetujui semua undangan, maka wajar kalau keuangan Anda akan membengkak nantinya. Tentu Anda tidak mau kalau buka bersama yang menjadi ajang silaturahmi malah menyiksa dompet Anda di akhir bulan. Tetap tenang dan fokus beribadah saja. Toh silaturahmi tidak hanya ketika bulan puasa saja, betul?

  1. Cari Promo dari Berbagai Toko

Bulan ramadhan ini biasanya menjadi ajang promo ramadhan dari berbagai toko. Hal ini tentu menguntungkan untuk Anda. Namun Anda harus cerdik memilih barang apa yang dibutuhkan oleh Anda maupun keluarga. Jangan sampai Anda membeli barang-barang yang tidak Anda butuhkan hanya karena tergiur oleh diskon yang besar-besaran.

Anda bisa mengecek situs Blibli.com untuk mendapatkan promo-promo yang menggiurkan, mulai dari makanan ringan hingga alat elektronik. Diskon yang ditawarkan mencapai 63%! Anda bisa tetap puas berbelanja tanpa khawatir kantong akan jebol. Namun tentu Anda harus tetap mengontrol barang apa saja yang Anda butuhkan sebelum memutuskan untuk membeli.

5 poin tersebut merupakan rangkuman dari apa yang harus Anda pertimbangkan agar pengeluaran Anda lebih hemat selama bulan ramadhan. Jangan lupa bahwa fokus utama dalam bulan ramadhan ini adalah ibadahnya. Selamat berburu promo ramadhan!

(Visited 21 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *